Jangan Asal Tanam, Berikut ini 5 Varian Pohon yang Tidak Disarankan Ditanam di Area Halaman Rumah

Image by Ekaterina Ershova from Pixabay
Jangan Asal Tanam, Berikut ini 5 Varian Pohon yang Tidak Disarankan Ditanam di Area Halaman Rumah Rumah Tani - Tidak dapat dipungkiri, pohon merupakan salah satu elemen penting yang sangat dibutuhkan karena memberikan banyak manfaat, terutama bagi kehidupan. Selain memberikan oksigen, adanya tanaman pohon di sekitar lingkungan, khususnya di pekarangan, dapat memberikan rasa sejuk serta menjadi tempat bagi berbagai jenis flora dan fauna. Akan tetapi, ternyata tidak semua jenis pohon cocok untuk ditanam terutama di depan pekarangan atau halaman rumah. Jenis-jenis pohon yang tidak disarankan untuk ditanam di pekarangan rumah telah kami himpun dari berbagai sumber informasi. 

1. Pohon Maple Perak

Pohon maple perak, meskipun memiliki tajuk yang besar yang memberikan teduh pada rumah, memiliki beberapa masalah potensial yang membuatnya tidak cocok untuk ditanam di pekarangan rumah. Akar pohon ini bisa menyumbat saluran air dan merusak trotoar atau bangunan di sekitar rumah. Selain itu, cabang-cabang pohon besar ini juga mudah tumbang, sehingga dapat membahayakan keselamatan penduduk di sekitarnya.

2. Pohon Pir Bradford

Pohon pir Bradford adalah tanaman lain yang sebaiknya tidak ditanam di halaman rumah. Tanaman ini memiliki bunga yang beraroma busuk, sehingga bisa mengganggu kenyamanan udara di sekitarnya. Penyerbukan silang dengan Pir Callery dapat menghasilkan semak berduri yang berpotensi melukai kaki. Ini adalah beberapa alasan mengapa pohon pir Bradford sebaiknya dihindari.

Baca Juga

3. Mimosa

Mimosa, meskipun memiliki bunga yang awalnya cantik, sayangnya, keindahan tersebut tidak bertahan lama, hanya sekitar dua minggu. Setelah itu, bunga-bunga mimosa akan berubah menjadi biji potong berwarna coklat yang besar dan kurang menarik. Selain itu, tanaman ini juga rawan terhadap serangga dan penyakit, lemah, berumur pendek, memiliki akar invasif, serta tidak menarik hampir sepanjang tahun. Semua ini membuatnya kurang cocok untuk ditanam di pekarangan rumah.

4. Murbei Putih

Murbei putih juga termasuk jenis pohon yang disarankan untuk tidak ditanam di pekarangan rumah. Buah murbei banyak disukai oleh burung, sehingga seringkali menarik kawanan burung yang akan hinggap di pohon tersebut dan membuang kotoran di sekitarnya. Hal ini dapat menyebabkan daerah di sekitar pohon murbei menjadi kotor dan kumuh. Selain itu, akar pohon murbei menjalar ke mana-mana, sehingga bisa merusak tanah atau bangunan di sekitarnya. Tanaman ini juga dapat menghasilkan serbuk sari dalam jumlah besar yang berpotensi menyebabkan alergi.

5. Hackberry

Hackberry, pohon dengan kulit berwarna abu-abu perak dan buah kecil berwarna biru kehitaman yang banyak disukai burung, juga termasuk jenis pohon yang sebaiknya tidak ditanam di halaman rumah. Tanaman ini sangat disukai oleh kutu daun berbulu yang akan memakan daun dan meneteskan embun madu lengket. Akibatnya, jamur jelaga akan tumbuh pada embun tersebut dan memunculkan warna hitam di bawah pohon. Hal ini bisa merusak penampilan pekarangan rumah Anda.

Menghindari masalah yang mungkin muncul akibat pemilihan pohon yang tidak tepat adalah langkah bijak dalam merancang taman atau pekarangan rumah Anda. Memilih jenis pohon yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan lingkungan sekitar adalah kunci untuk menciptakan lingkungan yang asri dan nyaman untuk ditinggali. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam memilih pohon yang tepat untuk pekarangan rumah Anda.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال