Wisata Kebun Kurma Pasuruan

Wisata Kebun Kurma Pasuruan

Wisata Kebun Kurma Pasuruan

Pasuruan, Jawa Timur – Di tengah hiruk-pikuk perkotaan, keberadaan Wisata Kebun Kurma Pasuruan menjadi oase bagi pecinta alam dan penggemar buah kurma. Dengan total 60 pohon kurma yang terus berbuah, tempat ini telah menjadi destinasi favorit bagi warga sekitar dan wisatawan yang ingin merasakan keunikan petik kurma langsung dari pohonnya.

Dalam suatu perbincangan dengan Rusti Widayati, pemilik Wisata Kebun Kurma Pasuruan, terungkap bahwa puluhan pohon kurma yang berbuah di sana berasal dari jenis yang berbeda. Mulai dari ajwa, mojol, barhe hingga kurma liar asli Indonesia. Keberagaman jenis kurma ini memberikan pengalaman berbeda bagi pengunjung yang dapat mengeksplorasi dan menikmati berbagai varian kurma.

Menurut Wida, panggilan akrab Rusti Widayati, pengelolaan kebun kurma memerlukan perawatan yang intensif untuk mencapai hasil yang optimal. Dalam satu pohon, kurma yang dipanen bisa mencapai 50 kilogram, sebuah hasil yang luar biasa. Wida menekankan bahwa untuk mendapatkan hasil yang melimpah, pola perawatan harus diperhatikan dengan seksama, mulai dari pemupukan hingga proses mengkawinkan antara pohon jantan dan betina.

Baca Juga : Mengenal Kurma Sukari Si Manis dari Timur Tengah

"Pupuknya harus seimbang. Kebetulan di sini kita manfaatkan daun dan pelepah yang kita cacah, kemudian kita taburkan lagi sebagai pupuk. Yang penting, pohon itu punya nyawa, jadi harus disayang dan dirawat seperti kita memiliki keluarga," ungkap Wida dengan penuh kecintaan terhadap kebun kurma yang menjadi warisan keluarganya.

Sampai saat ini, Wisata Kebun Kurma Pasuruan telah menanam total 490 pohon kurma, dan bibit yang ada di tempat ini mencapai ribuan yang siap untuk ditanam di areal seluas 6,3 hektar. Menurut Wida, antara pohon satu dengan yang lain diberi jarak yang cukup panjang untuk memastikan setiap pohon bisa tumbuh dengan tinggi dan ukuran yang sama, sehingga hasil buahnya dapat maksimal dan merata.

"Kalau jaraknya terlalu dekat atau empet-empetan, pengaruhnya juga ke pertumbuhan pohon itu sendiri. Jadi jaraknya harus diatur," jelasnya.

Baca Juga : Kurma Ajwa, Manfaat Luar Biasa dari Pohon Kurma di Madinah

Aktivitas utama yang paling dinantikan oleh para pengunjung adalah petik kurma langsung dari pohonnya. Ada sekitar 500-an pohon kurma yang tumbuh dengan baik di area seluas 6,3 hektare ini, belum termasuk bibitnya. Selain dari keseruan petik kurma, pengunjung juga bisa membeli berbagai makanan dan minuman olahan dari kurma di tempat ini. Tak hanya itu, ada pula yang menjual batik corak kurma sebagai oleh-oleh khas dari Wisata Kebun Kurma Pasuruan.

Wisata Kebun Kurma Pasuruan tidak hanya menjadi tempat petik kurma, namun juga memiliki daya tarik visual yang tinggi. Tempat ini sangat cocok untuk para penggemar fotografi, dengan lanskap kebun kurma yang memukau dan berbagai spot menarik untuk berfoto. Melansir Instagram resmi Wisata Kebun Kurma, tempat wisata ini membanderol harga tiket masuk senilai Rp 15.000 untuk weekday dan Rp 20.000 untuk weekend.

Kebun Kurma Pasuruan terletak di Dusun Karanglo, Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Pasuruan, Jawa Timur. Wisata ini buka setiap Selasa hingga Minggu pukul 08.00 – 16.00 WIB dengan harga tiket Rp 15.000 untuk weekday dan Rp 20.000 untuk weekend. Pengunjung yang ingin menikmati wahana permainan di sana akan dikenakan tarif tambahan tiket mulai dari Rp 5.000 saja.

Baca Juga : Petani Bisa Tebus Pupuk dengan KTP!

Berbagai fasilitas menarik dapat dinikmati ketika berkunjung ke Kebun Kurma Pasuruan. Terdapat kantin dan toko makanan ringan di dalam dan di luar kebun, tempat parkir kendaraan yang sangat luas, gazebo untuk istirahat, musala, toilet, dan banyak spot yang Instagramable untuk berfoto. Maka, tidak hanya menjadi destinasi petik kurma, tetapi juga tempat rekreasi keluarga yang lengkap dan nyaman.

Bagi para wisatawan yang berasal dari Surabaya atau Malang, akses menuju Kebun Kurma Pasuruan dapat ditempuh dengan mudah melalui jalan tol Surabaya-Malang. Setelah keluar dari gerbang tol Purwodadi (Pasuruan), pengunjung tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Jalan Surabaya-Malang (arah Surabaya). Dengan melalui Jalan Raya Purwosari atau Jalan Nasional 23, pengunjung akan menemui papan petunjuk 'Kebun Kurma,' lalu belok kanan masuk Desa Sukorejo - Dusun Karanglo - dan akhirnya sampai di destinasi, Kebun Kurma Pasuruan.

Wisata Kebun Kurma Pasuruan tidak hanya memberikan pengalaman petik kurma yang unik, tetapi juga mengajak pengunjung untuk menyelami keindahan alam dan menikmati ketenangan yang jarang ditemui di tengah kehidupan sehari-hari. Dengan sentuhan kearifan lokal dan kecintaan terhadap alam, Kebun Kurma Pasuruan menjadi destinasi yang tak hanya memanjakan lidah dengan rasa kurma yang lezat, tetapi juga memberikan kebahagiaan dan kesan mendalam bagi setiap pengunjungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال